Juara I Bali Post Goes to School: Mencari, menemukan, dan membuat adalah perjuangan

By Admin 23 Jul 2018, 12:22:17 WIB Berita
Juara I Bali Post Goes to School: Mencari, menemukan, dan membuat adalah perjuangan

Sudah menjadi tradisi apabila setiap perlombaan yang diikuti oleh Last Pen harus mampu menghadirkan narasumber yang benar-benar representatif. Hal ini selalu menjadi prioritas bagi pembina pengembangan diri jurnalistik SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, I Gede Ari Martana, S, Pd. “Kalau ada sebuah tema dan itu memerlukan narasumber yang berkaitan dengan keperintahan, saya pasti akan menyuruh mereka untuk mengumpulkan datanya langsung ke instansi yang berkaitan, mereka harus bisa merencanakannya dengan baik dan mandiri,” ujarnya.  Mencari, menemukan dan membuat adalah sebuah perjuangan bagi anak-anak Last Pen untuk dijadikan pengalaman pada bidang kehidupan yang lain. “Mereka harus bisa mencari, menemukan, membuat berita adalah perjuangan yang harus mereka lalui untuk menjadikan mereka pribadi-pribadi yang  luar biasa kelak,” tambahnya.elasa, (21/1), Last Pen kembali mengukirkan namanya di jajaran prestasi yang dimiliki oleh SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Setelah persiapan dan perjuangan yang melelahkan, akhirnya Last Pen mampu menampilkan diri sebagai sekolah swasta yang tidak kalah dengan sekolah  swasta lain, bahkan dengan SMP negeri sekalipun setelah berhasil merebut piala pertama pada lomba mading Bali Post Goes to School. Mengangkat berita utama yang bersentuhan langsung dengan birokrasi pemerintah, membuat perjuangan harus ditambah. “Segalanya harus dipersiapkan dengan matang sebelum melalukan wawancara, misalnya surat pengantar, daftar pertanyaan yang sangat lengkap, dan tentunya adalah mental,” ungkap Fransiska Intansari Sitanggang dan Septritami Auriel Yustin yang mendapatkan tugas untuk meliput di Dinas Kearsipan dan Kepustakaan Kota Denpasar, dan Balai Bahasa Denpasar.

            Sebelumnya Last Pen berhasil meraih juara I lomba mading Bali Post Goes to School. Last Pen mengangkat berita utama tentang inovasi Dinas Kearsipan dan Kepustakaan Kota Denpasar untuk mengimbangi generasi zaman sekarang yang sudah sangat digital. Berita khusunya pun diambil pada lingkup sekolah, yaitu komitmen SMP (SLUB) Sraswati 1 Denpasar untuk menyukseskan Gerakan Literasi Nasional. Sementara itu, opini yang diangkat adalah literasi yang sudah berlangsung di sekolah dengan berbagai tantangannya. Kembali membawa rasa bangga kepada sekolahnya karena dalam acara Lomba Mading “Bali Post Goes To School”  yang diadakan oleh Bali Post tepatnya dilaksanakan di Yayasan Dwijendra  ini mereka mendapatkan 2 kemenangan sekaligus. Rasa lelah mereka pudar ketika mendengar nama sekolah kebanggaanya disebut dalam dua nominasi. Yang pertama mereka berhasil mendapakan nominasi Penulis Terbaik dan tidak berhenti disana, nama SLUB kembali dipanggil dalam nominasi pemenang juara 1 lomba mading dalam acara ini.

            Selama 1 minggu waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan mading mereka yang sudah pasti menghambat proses belajarnya namun hal itu tak menjadi masalah dan hambatan bagi 10 anggota tim ini demi membawa rasa bangga pada sekolah mereka. Kali ini SMP Saraswati 1 Denpasar mengirim 1 tim nya  dibawah binaan I Gede Ari Martana, S.Pd. dan Ni Nyoman Ayu Savitri, S.Pd. yang beranggotakan 10 siswa. Mereka adalah Ni Kadek Dian Apriyanti,Ni Made Sri Dharmapatni, Fransiska Intan Sari Sitanggang, Angely Pannadevi Budyana, Putu Arya Raditya Antara, A.A. Istri Chintya Paramita, Ni Made Putri Amelia Kusumaningrum, A.A. Raka Triana Pratiwi, Komang Septritami Auriel Yustin, dan Komang Liona Agustiana Sudani. 

            Menurut Ari Martana selaku Pembina Tim Jurnalistik SMP Saraswati 1 Denpasar “Mengantarkan anak-anak meraih juara 1 dan meraih nominasi penulis utama terbaik tentu tidak mudah itu semua butuh semangat dan perjuangan yang besar” ungkapnya sambil memperlihatkan senyum. Menurut pria ini  saat mengetahui hasil lomba yang diraih anak didiknya tentunya perasaannya  seketika berubah sangat senang dan bangga sekali. Sama halnya dengan Dian Apriyanti salah satu anggota tim redaksi ini mengatakan perasaan yang dirasakan ia dan tim nya saat mengetahui bisa membawa 2 kemenangan sekaligus tentu sangat senang dan rasa lelah dari perjuangannya  selama 1 minggu telah berbuahkan hasil yang manis. Siswi remaja ini mengatakan harapan untuk lomba selanjutnya “ harapan saya dan tim untuk lomba selanjutnya agar bisa membawa rasa bangga yang sama seperti lomba kali ini dan tentunya bisa menjadi dan memberikan selalu hal yang terbaik” tutupnya (lp).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Ari Martana 19 Jul 2018, 20:14:30 WIB

    Semua adalah perjuangan

View all comments

Write a comment